Cara Mencegah Hipertensi

Cara Mencegah HipertensiTekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah yang sangat serius. Untuk mengatasi masalah ini tersedia berbagai jenis pengobatan. Mulai dari obat yang murah, hingga berharga puluhan ribu. Salah satu obat dengan harga yang relatid murah karena ada produk genetik adalah golongan obat penghambat angiotensin conveting enzim (ACE inhibitor).

Cara Mencegah Hipertensi

Cara Mencegah Hipertensi

Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Pengembangan obat ini diawali dengan penemuan enzim pengubah angiotensin, angiotensin converting enzyme (ACE) di dalam plasma pembuluh darah oleh ilmuwan bernama Leonard T Skeggs dan kawan-kawan di tahun 1956. Selanjutnya beberapa ahli berusaha mencari cara bagaimana dapat menghambat pengubah tersebut.

Di dalam tubuh terdapat senyawa yang dikenal angiotensin II. Mengakibatkan beberapa kondisi seperti berikut :

  • Kontraksi pembuluh darah, sehingga diameter pembuluh darah mengecil.
  • Penyumbatan pembuluh darah ginjal, sehinga meningkatkan aliran tekanan di ginjal, pada akhirnya berpengaruh pada seluruh tubuh.
  • Peningkatan kerja bilik jantung, sehingga mengakibatkan pembesaran bilik jantung
  • Mengakibatkan cairan ditahan di dalam tubuh, tidak dikeluarkan melalui urine pada akhirnya berpengaruh pada seluruh tubuh
  • Peningkatan kerja bilik jantung, sehingga mengakibatkan pembesran bilik jantung
  • Mengakibatkan cairan ditahan di dalam tubuh, tidak dikeluarkan melalui urine pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Berbagai fenomena tersebut pada akhirnya meningkatkan tekanan darah. Obat yang dapat menghambat pembentukan angiostensin II, tentu saja dapat bermanfaat dalam menghindari terjadinya fenomena ini. Penghambat ACE berperan dengan cara menghambat pembentukan angiostensin I menjadi angiostensin II. Dengan terjadinya penghambatan tersebut, terjadi banyak keuntungan bagi tubuh.

Menurunnya tahanan arteri, sehinga aliran darah balik meningkat. Selain itu dapat meningkatkan airan darah yang dikeluarkan oleh jantung. Pengeluaran cairan dari dalam tubuh melalui urine juga meningkat. Berbagai mekanisme tersebut pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa contoh obat yang termasuk golongan ini adalah ; kaptopril, benazepril, enalapril, fosionopril, lisinopril.

Selain berfungsi menurunkan tekanan darah, obat jenis ini juga dapat berperan dalam memperbaiki sirkulasi di ginjal. Dengan demikian obat jenis ini merupakan pilhan awal pada penderita gagal ginjal, karena cukup efektif. Selain itu dapat digunakan bersamaan dengan obat penurun tekanan darah lainnya.

Obat penurun tekanan darah tinggi jenis angiostensin ini dapat digunkaan untuk penderita gangguan penyakit jantung, mencegah stroke, dan membantu mencegah kerusakan ginjal pada penderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahw penderita diabetes dan tekanan darah tinggi yang menggunakan obat ini memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibandingkan penderita yang tidak menggunakan obat jenis angiostensin.

Komplikasi Obat Darah Tinggi

Namun sayangnya obat tekanan darah tinggi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Beberapa efek samping yang mengganggu akibat penggunaan obat ini diantaranya adalah :

1. Batuk. Efek samping ini yang paling mengganggu sehingga penderita terkadang berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti obat.
2. Penurunan tekanan darah
3. Sakit kepala/pusing
4. Mual dan muntah
5. Meskipun dapat memperbaiki sirkulasi darah pada ginjal, obat ini memiliki efek samping gangguan pada ginjal, para ahli belum mengetahui mengapa hal ini dapat terjadi.
6. Mengakibatkan kadar kalsium meningkat dalam darah
7. Mengakibatkan masalah untuk wanita hamil pada trisemester pertama dapat terjadi cacat kongenital (sejak lahir, hingga kematian). Oleh sebab itu obat jenis ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil meski mengalami gangguan tekanan darah tinggi sekalipun tanpa pengawasan obat dari dokter terkait
8. Reaksi alergi.

Cara Mencegah Hipertensi

Beberapa cara mencegah hipertensi adalah :

  1. Cara menccegah hipertensi dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung garam dan juga jenis makanan Anda. Jika Anda sudah menderita masalah tekanan darah tinggi, maka cara mencegah hipertensi adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung garam.
  2. Cara mencegah hipertensi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan kalium, magnesium, kalium. Kalium, magnesium dan juga kalsium yang bisa membantu cara mencegah hipertensi dan cara mengatasi hipertensi.
  3. Cara mengatasi hipertensi dengan mengurangi minum minuman atau juga makanan yang mengandung alkohol. Jika Anda mengalami masalah penyakit darah tinggi, maka cara mengatasi hipertensi adalah dengan menghindasri konsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan berlebihan. Untuk mereka yang menderita penyakit hipertensi, maka jumlah alkohol yang bisa diberikan maksimal adalah 30 ml alkohol dalam seharinya sedangkan pada wanita adalah 15 ml dalam sehari.
  4. Cara mengatasi hipertensi dengan melakukan olahraga secara teratur. Hal ini akan membantu cara mengatasi tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami masalah tekanan darah tinggi, maka sebaiknya Anda memilih jenis olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki, bersepeda, lari santai dan juga berenang. Sebaikya lakukanlah olahraga ini paling tidak selama 30 menit dan sampai 45 menit dalam sehari dan dilakukan 3 kali dalam seminggu.
  5. Cara mengatasi hipertensi yang lainnya adalah dengan menjalankan terapi anti stres dan cara mengatasi stres dan juga mengendalikan emosi Anda secara baik.
  6. Berhenti merokok merupakan salah satu cara mengatasi hipertensi yang bisa berperan besar dalam mengurangi tekanan darah tinggi.
  7. Cara mengatasi hipertensi dengan tetap mengendalikan kadar kolesterol Anda dan mengendalikan penyakit diabetes.

Itulah informasi mengenai cara mencegah hipertensi dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Cara Mencegah Hipertensi

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi , Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.