Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi – Tahukah anda berapa tekanan darah anda saat ini ? Hipertensi atau tekanan darah adalah kekuatan yang diperlukan agar darah mengalir didalam pembuluh darah dan beredar mencapai semua jaringan tubuh manusia.

Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi

Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi

Berikut adalah beberapa tips Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi:

  1. Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi dengan Kurangi konsumsi garam dalam makanan
  2. Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi dengan  Konsumsi makanan yang mengndung kalium, magnesium dan kalsium
  3. Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangikan wanita 15 ml per hari
  4. Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga uang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenan. Lakaukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
  5. Makan sayur dan buah yang beserat tinggi, seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel dan jeruk.
  6. Jalankan terapi anti sres agar mengurangi stres dan anda akan mampu mengendalikan emosi anda.
  7. Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  8. Kendalikan kadar kolesterol anda
  9. Kendalikan penyakit diabetes anda
  10. Hindari obat yang meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk menerima obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.
  11. Mengkonsumsi herbal yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tekanan Darah Hipertensi

Tekanan darah atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyebab stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Dan akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian. Karena itu jika bisa penyakit ini harus kita cegah dan anda dapat mengendalikannya.

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter. Misalnya dokter menyebut 140-90, maka artinya adalah 140-90 mmHg. Angka pertama 140 menunjukan tekanan pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut atau berdetak, dan disebut tekanan sistolik atau tekanan atas. Angka kedua 90 menunjukan tekanan saat jantung beristirahat diantara pemompaan, dan disebut tekanan diastolik atau tekanan bawah .

Setelah mengetahui tekanan darah pasti anda ingin mengetahui apakah tekanan darah anda termasuk rendah, normal, atau tinggi. Berikut ini penggolongan tekanan darah berdasarkan hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sitolik dan diastolik.

Tekanan Darah Sistolik (angka pertama), Diastolik (angka kedua)

Darah rendah atau hipotensi Dibawah 90 (sistolik),  dibawah 60 (diastolik)

Normal 90-120 (sistolik), 60-80 (diastolik)
Pre-hipertensi 120-140 (sistolik), 80-90 (diastolik)
Darah tinggi atau hipertensi (stadium 1) 140-160 (sistolik), 90-100 (diastolik)
Darah tinggi atau hipertensi (stadium 2)  diatas 160 (sistolik), diatas 100 (diastolik)

 Makanan Hipertensi

Beberapa jenis buah atau makanan dibawah ini yang bisa membantu cara mengatasi hipertensi darah tinggi adalah :

  1. Buah tomat
    Buah tomat merupakan salah satu jenis buat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun porsi yang paling besar dari buah ini karena kandungan potasium, vitamin C, dan jug serat yang ada di dalam semangkuk buah tomat mengandung 9 mg sodium saja. Minuman yang bisa dijasikan diet sodium yang sehat adalah jus tomat karena kecukupan dari sodium yang bisa terpenuhi dalam jumlah yang minimal. Dan hal ini tidak membahayakan kondisi dari kesehatan tubuh Anda.
  2. Buah berri
    Buah berri merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik bagi kesehatan. Beberapa jenis buah berri adalah buah strawberry, buah blueberry, buah raspberry, dan blackberry. Bukan hanya itu saja, buah berri mengandung manfaat karena kandungan potasium yang ada di dalamnya. Dan salah satu mangkuk buah berri mengandung kandungan 200 mg potasium. Dan berapa banyak kandungan potasium yang dibutuhkan oleh Anda untuk membantu mengatasi darah tinggi dalam sehari paling tidak kita membutuhkan sekitar 4.700 mg asupan makanan mengandung potasium. Jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang dibutuhkan selama sehari.
  3. Buah jeruk
    Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah untuk membantu cara mengatasi hipertensi yang baik. Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Dan selain vitamin C, buah ini mengandung kandungan potasium, serat, dan juga rendah akan sodium di dalamnya. Rasanya yang manis memang bisa langsung diminum dan tidak usah di jus. Namun Anda juga membutuhkan jus jeruk yang segar dan dimasukkan ke dalam menu sehari-hari Anda.
  4. Sayuran hijau
    Makanan untuk membantu cara mengatasi hipertensi adalah sayuran hijau. Anda bisa mengonsumsi brokoli dengan kandungan potasium yang tinggi. Naun sodium di dalamnya sangat rendah. Dan selain brokoli, Anda juga bisa memilih jenis sayuran hijau seperti bayam. Sekarang, Anda bisa senang karenna dari beberapa jus yang nikmat yang bisa Anda buat sendiri dirumah dalam cara mengatasi hipertensi.

Cara Mengatasi Hipertensi Darah Tinggi


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>