Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi – Penyakit yang dalam bahasa inggris disebut hypertension ini adalah gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah sehingga tekanan darah menjadi diatas normal. Karna itulah penyakit ini juga dikenal dengan nama tekanan darah tinggi.

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

Pada saat pengukuran tekanan darah biasanya akan menghasilkan dua angka yang mana masing-masing menunjukan angka untuk yang lebih tinggi dan lebih rendah. Angka yang lebih tinggi didapatkan ketika jantung kita berkontraksi (sistolik), sedangkan angka yang lebih rendah ketika jantung sedang berelaksasi (diastolik). Tekanan darah yang normal umumnya ada pada angka 120/80 mmHg kebawah, sedangkan tekanan darah tinggi terjadi ketika angka menunjukan 140/90 mmHg keatas. Pengukuran ini dilakukan pada lengan sebanyak tiga kali dalam beberapa minggu karna kondisi pada saat pengukuran juga mempengaruhi hasil yang didapatkan.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini dibagi menjadi dua jenis yaitu hipertensi esensial (primer) dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer adalah yang terjadi pada sebagian besar kasus hipertensi (sekitar 95%) dan penyebab dari jenis ini belum bisa diketahui dengan jelas. Sedangkan hipertensi sekunder adalah tipe yang jarang terjadi (sekitar 5%), dan penyebab dari tipe ini adalah kondisi medis lain seperti ginjal, arteri, jantung, obesitas, dan obat-obatan tertentu.

Penyebab Hipertensi

  • Faktor keturunan
    Bukan hanya warna kulit, ciri fisik atau sifat yang bisa diwarisi dari orang tua kita. Ternyata, penyakit pun bisa. Jika salah satu, atau kedua orang tua Anda mengalami tekanan darah tinggi, kemungkinan Anda pun beresiko tinggi mengalaminya.
  • Usia
    Seiring bertambahnya usia, kita semua semakin beresiko menderita tekanan darah tinggi. Mengapa? Karena semakin kita bertambah tua, elastisitas pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat.
  • Gender
    Hingga usia 45, pria lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yang sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih beresiko.
  • Kurang gerak (Sedentary lifestyle)
    Biasanya, orang yang tinggal di kota besar cenderung memiliki gaya hidup kurang gerak. Bekerja di kantor, dan terus menerus duduk, ditambah lagi kurangnya olahraga, akan cenderung meningkatkan resiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya adalah meningkatnya resiko darah tinggi.
  • Pola makan
    Kalau Anda suka makan makanan tinggi kalori, lemak, dan gula, mungkin sudah saatnya Anda menguranginya untuk mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi. Dan, ini juga adalah fakta umum yang diketahui hampir semua orang: kurangi makanan bergaram karena itu dapat menahan banyak cairan dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanannya.
  • Berat badan berlebih
    BMI (Indeks Massa Tubuh) bisa menjadi salah satu ukuran resiko. Jika BMI Anda 25 hingga 30, atau bahkan lebih, Anda terhitung kelebihan berat badan, dan lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi.
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol
    Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kolesterol yang jahat yang berpotensi menyebabkan tekanan darah meningkat.
  • Stress
    Stres dapat meningkatkan tekanah darah sewaktu. Hormon adrenalin akan meningkat sewaktu kita stres, dan itu bisa mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun meningkat. Selain itu, pada saat stres biasanya pilihan makanan kita kurang baik. Kita akan cenderung melahap apa pun untuk merilekskan diri, dan itu bisa berdampak secara tidak langsung pada tekanan darah kita.
  • Kondisi penyakit yang lain
    Menurut para ahli, gangguan kondisi kesehatan seperti Apnea tidur (Sleep Apnea) dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Orang yang mengalami gangguan ini sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokternya.

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

1. Lebih sering berolahraga

Cara mudah mengatasi hipertensi yang harus lebih aktif setiap harinya jika dokter sudah mengatakan bahwa Anda butuh obat untuk menurunkan tekanan darah yang diminum secara rutin. Latihan aerobik atau sekadar berjalan santai di halaman komplek setiap pagi dan sore hari selama 30 menit sudah bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda secara signifikan.

2. Kurangi konsumsi garam

Cara mudah mengatasi hipertensi tidak boleh terlalu banyak dalam mengonsumsi makanan dengan tingkat keasinan tinggi, atau yang mengandung sodium (garam) berlebihan. Panduan diet (Dietary Guidelines) merekomendasikan pasien untuk membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) dalam sehari.

3. Turunkan berat badan

Cara mudah mengatasi Hipertensi dengan tips menurunkan berat badan untuk mengembalikan angka sistolik dan diastolik menjadi normal, Anda yang mengalami kegemukan atau ‘sadar’ bahwa bobot tubuh tercatat gendut dalam kalkulator BMI (Body Mass Index) harus mengambil langkah tepat untuk menurunkan berat badan. Kehilangan berat badan dapat mengurangi kerja ekstra jantung.

4. Kurangi atau batasi alkohol

Dalam sehari, tidak diperbolehkan untuk minum alkohol lebih dari satu gelas untuk wanita, dan dua gelas untuk pria. Berlebihan dalam konsumsi alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama organ jantung. Berbagai riset pun menunjukkan bahwa pria dan wanita yang minum alkohol melebihi batas yang ditentukan akan memberi efek pada tekanan darahnya. Maka dari itu, hentikan kebiasaan buruk ini.

5. Hindari stress

Cara mudah mengatasi hipertensi dengan menghindari stres dapat mengganggu keseharian, segala sesuatu pasti tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Sebetulnya, stres tidak hanya mempengaruhi kondisi luar seseorang, tetapi juga kondisi dalam (fisik) atau kesehatan, seperti meningkatnya tekanan darah.

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi , Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Hipertensi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.