Penanganan Hipertensi

Hipertensi bisa menimpa siapa saja. Jika dinyatakan oleh dokter menderita hipertensi maka kita mesti waspada dalam mengendalikan tekanan darah, dibandingkan orang lain yang memiliki tekanan darah normal. Tekanan darah yang dinyatakan dengan dua angka sebenarnya merupakan rasio dari tekanan darah sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik yaitu angka diatas, yang lebih tinggi merupakan tekanan arteri saat jantung berdetak, artinya ketika otot-otot jantung berkontak memompa darah. Sedangkan angka yang dibawah atau tekanan darah diastolik adalah tekanan darah diantara dua detak jantung atau saat otot jantung relaksasi.

Tekanan darah disebut tinggi atau hipertensi jika nilai tekanan darah sistolik sama dengan atau lebih dari 140 atau tekanan darah diastolik sama dengan atau lebih dari 90 mmHg (>/- 140/90 mmHg). Tapi bagi yang tekanan darahnya sedikit dibawah angka tersebut jangan berlega hati dulu. Anda sudah masuk dalam golongan prehipertensi.

Untuk menentukan apakah seseorang menderita hipertensi atau tidak, pemeriksaan sebaiknya dilakukan minimal 2 kali dalam dua kesempatan berbeda, dengan jeda waktu istirahat selama 5 menit dan juga dikonfirmasi dengan lengan yang lain. Kategori prehipertensi menunjukkan bahwa seseorang yang masuk dalam kategori ini memiliki resiko mengalami hipertensi. Sebelum terkena hipertensi maka harus dihambat dengan berbagai upaya pencegahan.

Upaya apa yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai resiko penyakit yang dipicu hipertensi yang paling utama adalah mengubah gaya hidup anda.  Langkah yang harus dilakukan penderita hipertensi adalah mengubah pola hidup dan disertai terapi obat-obatan. Perubahan gaya hidup wajib dilakukan untuk mereka yang memasuki kategori prehipertensi.

Caranya adalah :

  • Penderita hipertensu yang mengalami kelebihan berat badan dianjurkan untuk menurunkan berat badannya sampai batas ideal
  • Merubah pola makan pada penderita diabetes, kegemukan atau kadar kolesterol darah tinggi.
  • Mengurangi pemakaian garam sampai kurang dari 2,3 gram natrium atau 6 gram natrium klorida setiap harinya (disertai dengan asupan kalsium, magnesium dan kalium yang cukup)
  • Olahraga aerobik yang tidak terlalu berat. Penderita hipertensi esensial tidak perlu membatasi aktivitasnya selama tekanan darahnya terkendali.
  • Berhenti merokok dan kurangi alkohol.

Kebanyakan penderita hipertensi malas untuk merubah gaya hidup seperti diet dan olahraga. Mereka lebih mengandalkan terapi obat-obatan untuk menurunkan tekanan darahnya. Padahal tanpa perubahan gaya hidup hasil yang dicapai tidak optimal.  Merubah gaya hidup bisa berdampak besar pada perjalan penyakit penderita hipertensi. Penelitian dilakukan, penderita hipertensi yang berdiet rendah garam akan mengalami penurunan resiko terkena penyakit jantung hingga 25%.

Atau bagi yang gemuk, menurunkan berat badan sekitar 5-6kg berdampak besar pada penurunan tekanan darah. Jangan pula sepelekan, diet anda sehari-hari. Sebaiknya anda mengucapkan perpisahan pada makanan berlemak dan berkolesterol dan menggantinya dengan makanan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan produk susu rendah lemak.
Untuk protein ganti daging dengan ikan atau daging ayam. Maka lihatlah tekanan darah akan turun meskipun anda tidak turun berat badan. Tetapi pengaturan diet juga disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang yang tidak sama. Akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan ahlinya. Merokok juga wajib ditinggalkan. Berhenti merokok tidak hanya dianjurkan untuk penderita hipertensi tetapi untuk semua orang.

Penderita hipertensi tahap 1 dan 2 harus dibantu dengan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah. Dokter anda akan memilihkan obat yang paling seusai untuk anda. Pasien hipertensi disarankan untuk mengikuti anjuran dokter untuk pengobatannya, untuk mencegah akibat yang timbul dari hipertensi yang tidak terkontrol. Pasien juga disarankan untuk berdiskusi dengan dokter mengenai efek samping atau hal lainnya yang berhubungan dengan pengobatan.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>