Tips Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dan terus dibiarkan hingga waktu yang cukup lama akan semakin memperburuk keadaan hipertensi itu sendiri dan menimbulkan risiko terhadap timbulnya penyakit lainnya yang cukup mengkhawatirkan seperti kerusakan syaraf otak yang mengarah pada penyakit stroke, kerusakan pada mata yang membuat penglihatan mata semakin berkurang, fatalnya lagi hingga mengalami kebutaan pada tingkat hipertensi tinggi, gagal jantung yang membuat jantung bekerja secara tidak normal dalam memompa darah dan memaksimalkan produksi darah dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, penyumbatan pada pembuluh darah yang membuat darah tidak dapat mengalir dengan lancar, gagal ginjal yang membuat kerja ginjal semakin melemah.

Hipertensi yang sudah diketahui gejala dan penyebabnya, harus segera diatasi dan ditangani dengan baik dengan perawatan dan pengobatan secara rutin dan benar. Dengan begitu, hipertensi dapat dikendalikan dan diatasi setidaknya meminimalisir risiko yang ditimbulkan.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi hipertensi dan memperkecil risiko yang ditimbulkan dari penyakit tekanan darah tinggi ini, diantarnya :

1. Menjaga berat badan tubuh tetap ideal

Berat badan yang melebihi berat badan ideal kerap kali dihubungkan dengan risiko pada serangan suatu penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Berat badan yang melebihi batas normal memunculkan risiko lebih besar tehadap suatu serangan penyakit. Umumnya dari banyak kasus yang ditemukan hipertensi banyak melanda pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk. Hal ini disebabkan oleh penimbunan lemak atau kalori yang ada dalam tubuh melebihi batas normal, sehingga mengganggu jalannya darah pada pembuluh darah sehingga membuat kerja jantung semakin keras dan cepat.

2. Latihan fisik dengan berjalan kaki

Berjalan kaki pada pagi dan siang hari tanpa alas kaki membuat perjalanan atau peredaran darah ke seluruh organ tubuh menjadi lancar. Dengan melakukan jalan kaki santai setiap harinya dengan efektif dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 8 mmHg. Berjalan kaki santai tanpa alas kaki membuat kerja jantung semakin optimal dalam memproduksi dan memasok darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Lakukan latihan fisik dengan berbagai jenis latihan kardio selama kurang lebih 30 menit setiap hari.

3. Berelaksasi

Sebuah penelitian dari Universitas Florence, Italia, mengemukakan bahwa penderita hipertensi dengan melakukan relaksasi seperti mendengarkan musik diwaktu senggang selama 30 menit sambil menarik napas dalam-dalam kemudian menghela napas secara perlahan dapat menurunkan angka sistolik hingga 3,2 poin.

4. Latihan olah nafas

Untuk dapat mengendalikan dan mengontrol tekanan darah atau bagi penderita hipertensi dapat melakukan latihan olah nafas atau bermeditasi seperti yoga, taichi yang cukup efektif untuk menurunkan stress. Karena stress dapat meningkatkan renin dan enzim pada ginjal yang dapat meningkatkan produksi darah yang menyebabkan tekanan darah seseorang meningkat. Lakukan latihan olah nafas setiap pagi dan malam hari kira-kira 5-10 menit. Latihan olah napas dapat melenturkan semua tensi.

5. Membatasi asupan sodium

Untuk mengendalikan dan mengontrol asupan garam sebaiknya tidak melebihi batas normal 2,4 gr per hari atau 6 gr per hari (NaC1). Untuk mengendalikan kadar sodium, cobalah perhatikan kadar garam pada label makanan atau mengurangi makanan seafood atau fastfood karena mengandung kadar garam tinggi.

6. Konsumsi dark chocolate

Hasil dari sebuah studi, mengungkapkan 18 % orang yang menderita hipertensi dengan mengkonsumsi dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini didukung oleh kandungan flavonols yang terkandung dalam dark chocolate membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks.

7. Banyak konsumsi makanan yang mengandung potasium

Menurut Linda Van Horn, PhD, profesor pencegahan penyakit dari Northwest Universitity Feinberg School of Medical, menyarankan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya potasium, seperti buah dan sayur, sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Cukupi kebutuhan potasium minimal 2000-4000 mg per hari. Makanan yang mengandung terdapat pada kentang, tomat, orange juice, buah pisang, kacang-kacangan, buah belewah, melon, dan kismis.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Hipertensi, Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>